Tuntutan untuk Ahok Ditunda, #SidangAhokSandiwara Digemakan Netizen


Sikap Majelis Hakim yang menunda sidang tuntutan hingga 20 April 2017 memicu amarah publik. Netizen pun menggemakan #SidangAhokSandiwara di jagad twitter. Terbukti hingga pukul 16.53 WIB sudah tercatat 26,4 rb Tweet.

Sementara Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI menyayangkan ihwal ini terjadi.

Menurut Tim advokasi GNPF MUI, Nasrullah Nasution, dengan "insiden" ini dia meragukan independensi hakim setelah mengakomodir permintaan jaksa untuk menunda sidang.

“Kami sangat menyayangkan hakim mengikuti keinginan dari kedua kubu, JPU dan penasihat hukum. Ini sangat terkesan independensi hakim tergoyahkan,” katanya kepada wartawan usai sidang di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (11/4/2017).

Nasrullah berpendapat harusnya tidak ada kekhawatiran terkait keamanan jelang pemungutan suara.

Dia mengatakan sidang baru masuk tahap tuntutan, bukan putusan. Ia mensinyalir ada kekhawatiran luar biasa mengenai tingkat elektabilitas jika tuntutan dibacakan sebelum 19 April 2017.

“Persidangan itu agendanya tuntutan, bukan putusan. Jadi tidak perlu khawatir pihak-pihak yang punya kepentingan. Mungkin kekhawatirannya terkait elektabilitas, karena menjelang pilkada, sehingga khawatir nanti suaranya terpengaruhi,” tandasnya.

Seperti diketahui, pada sidang kasus penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan agenda pembacaan tuntutan ditunda. Pasalnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengaku belum selesai menyusun tuntutan. (R-07/Foto: Hidayatullah)

0 Response to "Tuntutan untuk Ahok Ditunda, #SidangAhokSandiwara Digemakan Netizen "

Posting Komentar