Waspadai Mobil Anda Diretas Hacker

Dua badan Amerika, Biro Investigasi Federal (FBI) dan Badan Keselamatan Jalan Raya dan Lalu Lintas (NHTSA) memperingatkan makin tingginya risiko rawannya mobil diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"FBI dan NHTSA memperingatkan masyarakat luas dan produsen kendaraan, komponen dan after market untuk melindungi dari potensi ancaman terkait teknologi mobil terkoneksi di mobil modern," demikian pernyataan kedua badan itu seperti dilansir Reuters, Minggu (27/3/2016).

Ancaman itu sudah terjadi. Pada bulan Juli 2015 lalu, Fiat Chrysler Automobiles NV menarik 1,4 juta kendaraan di Amerika karena rawan diretas. Ini adalah aksi pertama yang dilakukan produsen.

Setelah itu, giliran GM yang merilis update keamanan pada aplikasi telepon genggam yang memungkinkan hacker bisa mengambil alih kontrol kendaraan seperti kendaraan listrik Chevrolet Volt. Hacker bisa menyalakan mobil dan membuka pintu.

Di bulan Januari 2015, BMW mengatakan sudah memperbaiki kebocoran keamanan pada 2,2 juta kendaraan. Mobil BMW itu bisa dibuka pintunya dari jarak jauh oleh hacker.

"Memang tidak semua insiden peretasan menimbulkan risiko pada keselamatan, penting bagi konsumen untuk mengambil langkah untuk meminimalkan risiko.

0 Response to "Waspadai Mobil Anda Diretas Hacker"

Posting Komentar