Menkoinfo Perkenalkan Nurnaya Initiative Kepada Para Petani

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memperkenalkan sejumlah program berbasis aplikasi khusus dengan teknologi seluler kepada para petani.

Pengenalan aplikasi ini dilakukan dalam peluncuran Program Sinergi Aksi Untuk Ekonomi Rakyat di Sub Terminal Agribisnis (STA) di Desa Larangan, Brebes, Jawa Tengah.

Dalam keterangannya, Rudiantara menyampaikan bahwa banyak problematika petani yang dapat terselesaikan dengan penggunaan teknologi selular untuk para petani.

"Pemerintah sangat ingin memajukan petani Indonesia dan aplikasi-aplikasi karya anak bangsa ini dibuat khusus untuk meningkatkan produktivitas para petani," jelasnya di Brebes, Senin (11/4/2016).

Apa yang disampaikan menteri ada kaitannya dengan fakta yang ditunjukan oleh data dari Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2003 dan 2013.

Data tersebut menunjukkan bahwa Indonesia telah kehilangan 5 juta petani dalam kurun waktu 10 tahun. Hal itu pun menjadi fondasi peluncuran aplikasi-aplikasi karya anak bangsa ini.

Sebuah perusahaan konsulting dunia juga telah menyimpulkan dari studi di 26 negara di luar Eropa bahwa teknologi selular dapat meningkatkan pendapatan petani sebesar 11%.

Potensi ini membuat gebrakan teknologi di dunia pertanian sangat dibutuhkan mengingat penurunan kontribusi sektor pertanian sudah masuk ke angka trilliun yang besar dalam kurun waktu 10 tahun.

Maka dari itu, Rudiantara pun menjelaskan bahwa kemajuan harus dimiliki dan dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk para petani.

"Oleh karenanya kami akan mendorong gerakan nasional bersama-sama, 'Petani dan UMKM Indonesia Go Digital' mulai tahun ini," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, ada lima aplikasi yang diperkenalkan pada kegiatan hari ini di Brebes, yakni aplikasi petani, tanihub, lima kilo, dan pantau harga.

"Selain itu satu ekosistem UMKM online Indonesia bernama Nurnaya Initiative juga diperkenalkan," pungkas Rudiantara. (hilmi)

0 Response to "Menkoinfo Perkenalkan Nurnaya Initiative Kepada Para Petani"

Posting Komentar